Tips Cantik : Cara Mudah Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Komedo yang menempel di pori-pori kulit wajah tentu sangat mengganggu. Sebenarnya, komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit di wajah (terutama di area dahi, hidung dan dagu), berupa bintik-bintik kecil. Penyebabnya bisa karena cuaca, debu, penumpukan minyak berlebihan ataupaun terjadi penumpukan sel kulit mati.

Komedo terdiri dari 2 jenis: 1) Komedo yang terbuka dan tampak dipermukaan kulit, pori-pori membesar dan menghitam; 2) Komedo yang tertutup, yang berada di balik lapisan kulit ari berupa benjolan kecil. Berikut ini cara-cara mengatasi komedo yang dapat Anda praktekan dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda, agar wajah Anda tampak lebih cantik:

1. Handuk Hangat. Handuk hangat dapat menghilangkan rasa perih, dan mencegah terjadinya infeksi pengelupasan komedo. Caranya, rendam handuk ke dalam air panas, taruh di area wajah yang terkena komedo. Lakukan tiap malam sekita 15 menit.

2. Lidah Buaya. Wajah berkomedo dapat diatasi dengan  memakai lidah buaya. Ambilah satu batang daun lidah buaya, patahkan, lalu ambil lendirnya. Oleskan lendir daun lidah buaya kebagian wajah yang berkomedo, lalu tunggu beberapa saat. Bilas hingga bersih dengan air.

 3. Es Batu. Siapa bilang es batu tidak bisa menghilangkan komedo. Usapkan es batu pada bagian wajah berkomedo selama 10 menit. Selain dapat menghilangkan komedo, es batu dapat membuat pori-pori kulit mengecil.

4. Campuran Putih Telur dan Madu. Komedo dapat dihilangkan dengan mencampur putih telur dan madu. Ambil sebutir telur, pisahkan putih telornya, campur dengan 2 sendok makan madu asli, lalu kocok hingga rata. Oleskan campuran kedua bahan tadi ke bagian wajah yang berkomedo, diamkan hingga kering (sekitar 20-30 menit). Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal 2 kali seminggu.

5. Kulit Jeruk. Jangan buang sisa kulit jeruk. Kulit jeruk dapat digunanakn untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan komedo yang bersembunyi di balik kulit. Caranya, Ambil kulit jeruk, haluskan dengan mesin blender, tambahkan sedikit air, tunggu hingga kental. Oleskan pada bagian wajah berkomedo, terutama hidung. Diamkan selama semalam, bilas bersih dengan air pada pagi harinya.

6. Ramuan Baking Soda. Ramuan ini berfungsi untuk menyerap minyak yang berlebihan pada wajah, membunuh bakteri dan menghilangkan komedo. Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bagian wajah berkomedo, diamkan sekitar 20 menit, kemudian bilas bersih dengan air.

7. Pasta Gigi. Menghilangkan komedo di wajah dengan pasta gigi lebih mudah dipraktikkan. Hanya dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian wajah berkomedo saja. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin, minimal seminggu sekali.

Perlu diperhatikan, jangan sekali-kali memencet dan mengeluarkan komedo di wajah dengan kuku, karena kulit wajah dapat terluka dan teriritasi oleh bakteri.

Mengupas Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Ada banyak jenis olah raga yang ada, namun hanya beberapa jenis saja yang direkomendasikan pakar kesehatan, cocok dan sesuai untuk semua orang di segala usia. Salah satu diantaranya adalah olahraga renang. Berikut ini, iniopiniku.com akan mengupas manfaat berenang bagi kesehatan:

1. Pertama, Memperkuat napas. Saat berenang kita bernafas panjang, menahan napas dan mengeluarkannya. Kualitas pernapasan membaik jika rutin melakukannya. Hal ini cocok bagi penderita asma.

2. Kedua, Menguatkan Otot. Dengan berenang, seluruh otot tubuh bergerak, mulai dari punggung, kaki dan tangan.

3. Ketiga, Menyehatkan Jantung. Gerakan-gerakan dalam olahraga renang dapat memacu aliran darah sehingga efektif meningkatkan fungsi kerja jantung dan paru-paru.

 4. Keempat, Mengatasi Stres. Fokus berenang di dalam air akan membuat kita lupa pada semua masalah. Syaratnya: berenang dengan santai. “74% orang di AS, Inggris, Prancis dan China, setuju bahwa berenang dapat mengurangi stres,” (sumber: survei speedo, 2012)

 Tulisan ini disadur dari sumber ini.opiniku.com nah sahabat Cahaya ternyata selain olahraga renang yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan ada juga satu lagi lifestyle yang semakin hari semakin banyak peminatnya yaitu senam pilates karena selain tidak menimbulkan cidera gerakan senam ini aman dilakukan segala usia dan senam ini juga langsung berdampak pada kesehatan jiwa dan olah tubuh.

Happy Weekend